in

12 KOPI INDONESIA yang Mendunia

KOPI GAYO

Hasil perkebunan kopi di dataran tinggi Gayo, Aceh ini berjenis Arabica. Body dan tingkat keasaman sangat kuat dengan citarasa dari beberapa unsur lingkungan sekitarnya membuat kopi gayo menjadi andalan ekspor ke negara-negara Eropa, Asia dan Amerika.

KOPI MANDAILING

Nama “MANDAILING” diambil dari nama Mandailing Natal, suatu tempat di Sumatera Utara dimana disitulah kopi ini dibudidayakan. Keasamannya di tingkat medium dengan herbal flavoured. Masyarakat Mandailing Natal menikmati seduhan Kopi Mandailing dengan adukan batang kayu manis yang memberikan sentuhan unik dalam citarasanya.

KOPI SIDIKALANG

Nama Sidikalang diambil dari nama sebuah kecamatan di Kabupaten Dairi, Sumatera Utara. Kopi Sidikalang sangat terkenal akan kenikmatan citarasanya. Diakui mampu bersaing dengan kopi Brazil.

KOPI LINTONG

Berasal dari dataran tinggi Bukit Barisan, Sumatera Utara. Kekentalan bagus dan keasaman seimbang dan ada sedikit rasa coklat dan rempah. Sangat disukai orang Jepang dan Belanda.

KOPI JAWA

Beraroma herbal yang khas dengan kekentalan dan keasaman medium. Tumbuh di Pegunungan Ijen, Jawa Timur. Dikenal dengan nama “JAVA COFFE” dan diekspor ke Amerika dan Eropa. Coba cek lagu berjudul JAVA JIVE oleh grup Amerika bernama THE MANHATTAN TRANSFER.

KOPI PRIANGAN

Berasal dari perkebunan kopi Malabar Pangalengan, Jawa Barat. Kopi ini berjenis arabica yang mempunya kekentalan dan keasaman medium keatas. Rasa dominan cokelat dan asa akhir rempah. Sejak 1725, kopi ini sangat disukai orang Belanda dan sampai saat ini Belanda adalah tujuan utama ekspor kopi ini.

KOPI TORAJA

Tumbuh di Tana Toraja, Sulawesi Selatan. Terdiri dari 2 jenis, Arabica dan Robusta. Rasanya unik, perpaduan rasa kopi dan rasa tanah. Berbeda dengan kopi lain, Kopi Toraja memiliki keasaman yang tinggi dan meskipun pahit, rasa pahitnya mudah hilang dari lidah. Disukai orang Jepang dan Amerika.

KOPI KALOSI

Mudah ditemui di Enkerang, Sulawesi Selatan. Berjenis Arabica dengan keasaman rendah. Citarasa cokelat dan sedikit rasa jeruk. Digemari orang Jerman, Jepang dan Amerika.

KOPI KINTAMANI

Kintamani, Bali dikenal dengan iklimnya yang sejuk dan berupa pegunungan, sehingga menghasilkan koi beraroma nikmat, manis dan lembut. Biji besar dengan kekentalan dan keasaman mediumdengan tasted lemony dan floral. Selain kopi dari Sumatera, kopi Kintamani adalah salah satu kopi favorit di Starbuck Amerika. Kopi ini juga diekspor ke Jepang, Australia, Eropa, Arab.

KOPI FLORES BAJAWA

Kopi arabica ini ada di Ngada, Nusatenggara Timur. Memiliki ciri kekentalan tinggi dan keasaman rendah. Rasa cokelat dan vanili dengan karamel alamiah. Sangat disukai di Amerika.

KOPI WAMENA

Kopi ini tumbuh di Pegunungan Jayawijaya , Papua, tanpa pupuk kimia. Kekentalan tinggi dan keasaman rendah. Rasa cokelat dengan sentuhan rasa tembakau. Aromanya harum dan rasanya sangat manis setelah dicicipi.

KOPI LUWAK

Kopi termahal yang dihasilkan dari biji kopi pilihan yang difermentasi pada pencernaan hewan luwak. Memliki rasa yang soft dengan tingkat keasaman rendah. Kopi luwak dikembangkan di Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali dan Tana Toraja.

.

Mantap to?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

nineteen − fifteen =

Kopi Indonesia Ekspornya Meningkat

JAVA JIVE – THE MANHATTAN TRANSFER