in

Printer Canon IP2770 Lampu Kedip-Kedip – Begini Cara Memperbaiki

Berikut ini akan kita bagikan cara memperbaiki printer canon ip2770 yang kasusnya lampu berkedip. Simak ya

Indikator berkedip ketika printer dinyalakan

Untuk masalah ini, biasanya terjadi ketika printer sebelumnya mati dalam keadaan mendadak. Misalnya ketika printer terputus arus listik secara tiba-tiba. Jika indikator printer anda terus berkedip ketika baru dinyalakan, ikut langkah di bawah ini :

Cabut kabel power pada printer anda.

Tekanlah tombol power pada printer anda, sambil memasang kembali kabel power yang anda cabut tadi.

Karena perlakuan tersebut, indikator power akan menyala berwarna kuning.

Lepaskanlah tombol power yang anda tekan ketika anda selesai memasang kabel power pada printer anda.

Untuk menyalakan printer anda, tekan kembali tombol power anda.

Jika karena terputus arus listrik tiba-tiba, maka cara ini akan ampuh untuk mengatasi lampu berkedip.

Jika lampu printer kembali berkedip setelah printer putus arus listrik, ulangi langkah di atas kembali.

Untuk mengatasi masalah ini secara permanen, anda bisa menggunakan software General Tool. Untuk memaksimalkan kembali kinerja printer anda, anda bisa melakukan cara cleaning pada printer Canon anda.

Indikator berkedip berhubungan dengan tinta.

Indikator kadang berkedip ketika anda baru saja mengisi tinta. Bisa juga terjadi ketika printer kehabisan tinta. Jika printer anda berkedip karena tinta, tentu saja bukan karena rusak. Printer membutuhkan konfirmasi bahwa tinta yang sebelumnya habis, telah terisi. Atau mengingatkan anda bahwa tinta printer habis dan perlu diisi kembali. Inilah beberapa langkah mengatasi indikator yang terus berkedip karena tinta :

Jika indikator berkedip, anda bisa menekan ‘resume’ agak lama, sekitar 1 hingga 2 menit.

Bukalah tutup cover printer anda.

Setelah catridge siap dilepas, ambil catridge.

Pasang kembali catridge anda.

Matikan printer, kemudian hidupkan lagi. Sebelum mematikan printer, pastikan anda menutup cover printer yang anda buka tadi.

Biasanya printer akan kembali normal jika anda melakukan langkah di atas.

Indikator berkedip 7 kali.

Berkedipnya indikator ini sebanyak 7 kali dengan pergantian warna orange dan hijau. Artinya adalah, Ink Pad anda telah full. Cara memperbaiki printer Canon IP2770 lampu kedap kedip, anda hanya perlu membersihkan penyerap tinta pada bagian bawah printer. Jika tidak bisa dibersihkan, anda bisa mengganti busa tersebut. Printer harus di reset dengan software tertentu. Untuk itu, anda harus mempelajari cara mereset printer Canon IP2770.

Indikator berkedip 4 kali.

Jika indikator printer anda berkedip 3 kali warna orange dan 1 kali warna hijau, berarti ada kerusakan pada hardware printer anda. Jika dengan mereset kembali printer atau meneke tombol ‘resume’ tidak mengatasi, maka jalan satu-satunya adalah memeriksakan printer ke service center.

Indikator berkedip 5 kali.

Indikator printer anda berkedip 4 kali warna orange dan 1 kali warna hijau, artinya adalah waste ink full. Solusinya adalah, reset printer anda seperti pada langkah nomor 2. Ini hanya peringatan bahwa anda perlu memeriksa keadaan tinta printer anda, apakah penuh atau kehabisan. Biasanya printer yang berkedip 5 kali seperti ini membutuhkan konfirmasi bahwa tinta telah terisi full.

Indikator berkedip 6 kali.

Printer berkedip sebanyak 5 kali berwarna orange dan 1 kali berwarna hijau. Hal ini menandakan bahwa catridge warna hitam telah mengalami kerusakan. Cara mengatasinya adalah memeriksa kembali catridge warna hitam, apakah benar-benar rusak. Jika memang rusak, anda harus mengganti catridge printer anda dengan catridge yang baru. Catridge printer Canon bisa anda dapatkan dengan mudah di toko-toko komputer.

Kerusakan catridge ini bisa disebabkan bermacam hal. Misalnya chip IC rusak. Ini bisa terjadi karena chip yang tidak sengaja tersentuh atau tergores. Bisa juga karena hal lain misalnya tinta yang meluber hingga membasahi chip tersebut. Selain itu, kotornya konektor juga bisa menyebabkan kerusakan pada catridge. Tinta yang meluber juga bisa menyebabkan catridge mengalami korslet hingga rusak. Selain itu, korslet ini bisa menyebabkan adaptor printer mengalami masalah.

Indikator berkedip 8 kali.

Kedipan ini adalah 7 kali berwarna orange dan 1 kali berwarna hijau. Sama dengan poin sebelumnya, kedipan ini menandakan bahwa catridge printer anda telah mengalami kerusakan. Tetapi catridge yang rusak adalah catridge warna, jika mengalami 8 kedipan seperti ini. Solusinya hanya satu, mengganti catridge lama anda dengan yang baru.

Indikator berkedip 9 kali.

Dengan 8 kali berkedip orange dan 1 kali berkedip warna hijau. Anda tidak perlu khawatir jika printer anda mengalami hal ini. Anda hanya perlu mereset kembali printer anda. Ini menunjukkan bahwa ink tank printer anda telah full dan hanya perlu di reset ulang.

Indikator berkedip 15 kali.

Banyaknya kedipan orange 14 hingga 15 kali dan 1 kali berkedip hijau. Sama seperti poin sebelumnya, anda harus mengganti catridge berwarna hitam jika printer mengalami hal ini.

Itulah beberapa cara memperbaiki printer Canon IP2770 lampu kedap kedip. Pada dasarnya lampu indikator pada printer di desain untuk memberikan tanda, sehingga kedipan-kedipannya merupakan isyarat yang sudah jelas.  Pemakaian printer yang wajar serta perawatan dan sering melakukan cleaning  akan membuat printer anda tetap awet. Hindarkan printer dari kotoran, misalnya debu dan sebagainya agar printer tidak kemasukan benda asing. Masuknya benda asing ke dalam printer juga bisa membuat komponen di printer anda bekerja tidak normal.

Banyak yang menggunakan printer Canon dalam bentuk infus tinta. Keuntungannya adalah, anda tidak perlu lagi setiap saat mengecek keadaan tinta, apakah masih atau sudah habis. Dengan infus tinta, catridge anda mempunyai kemungkinan kecil untuk kehabisan atau kepenuhan tinta.

SUMBER : https://dosenit.com/

Mantap to?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 − one =

8 String VS Djent Stick

BANCI NGAMEN wik wik ouw… Hahaha