in

TIPS TIDUR NYENYAK

Beberapa kebiasaan ini dapat Anda lakukan secara rutin. Niscaya, Anda dapat tidur nyenyak.

Mandi air hangat.

Secara alami, suhu tubuh Anda menurun di malam hari. Mulai dua jam sebelum tidur, dan mencapai titik terendah pada pukul 4 atau 5 dini hari. Saat Anda berendam, suhu tubuh akan naik. Berendam lah 2 jam sebelum tidur selama 20-30 menit. Saat selesai, suhu tubuh turun drastis, ini akan membuat Anda rileks. Menurut profesor di New York University School of Medicine, Joyce Walsleben dilansir Health.com, mandi dengan pancuran bisa dilakukan, walaupun efeknya kurang efektif.

Lampu dim dalam kamar dapat membantu tubuh bersiap tidur.

Karena di malam hari, tubuh melepaskan hormon melatonin. Melatonin menyebabkan kantuk, jika tubuh menangkap sinyal dari keadaan sekitar. “Hormon ini tak akan mengalir jika lampu menyala,” ujar Walsleben. Ia menyarankan Anda mengurangi cahaya di kamar dengan lampu dim mulai pukul 9 atau 10 malam.

Rutinitas pra tidur.

Menyiapkan baju tidur, menyisir rambut, menyikat gigi. “Kami menyarankan orang melakukan rutinitas sebelum tidur. Kebiasaan tersebut bisa membantu otak Anda mempersiapkan tubuh untuk beristirahat,” jelas Gary Zammit, direktur Sleep Disorders Institute, New York.Mengurangi kafein. Hindari ngopi setelah makan siang. Yang satu ini berlaku jika Anda termasuk sulit tidur. Pun jika Anda peminum kopi decaf. Menurut sebuah penelitian, kopi di beberapa rumah makan mengandung hingga 32 miligram kafein per cangkir. Selain kopi, nikotin juga stimulan. Hindari merokok sebelum tidur karena dapat memacu denyut jantung dan membuat otak siaga.

Batasi makan dan minum di malam hari.

Terutama makan berat atau pedas sebelum tidur. Pastikan juga Anda menjauhkan ponsel dari jangkauan. Anda bisa coba mengenakan kaos kaki.

Mantap to?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 × three =

TIDUR ANAK HARUS CUKUP

Don Cortes Maya (Flamenco Guitar)